.

 

Sabtu, 26 November 2011

Proposal Usaha


contoh pembuatan proposal:
PROPOSAL USAHA
Fusuy.com SERVICE COMPUTER

SEMARANG
Tahun 2010

A. Latar belakang
Pada saat ini banyak orang yang membutuhkan bantuan untuk memperbaiki komputernya. Biasanya mereka lebih memilih untuk memanggil orang lain untuk memperbaikinya daripada memperbaikinya sendiri dengan alasan pertimbangan waktu dan tenaga walaupun memang sedikit mahal. Dari pemikiran inilah kami mempunyai ide untuk membuat usaha pelayanan jasa SERVICE COMPUTER yang akan diberi nama “KC Service Computer”.
Dalam memulai usaha dalam bidang apapun, maka yang pertama kali harus diketahui adalah peluang usaha dan bagaimana mendapatkan peluang tersebut. Bagaimana peluang usaha yang hendak kita masuki dalam bisnis kita dan bagaimana cara memperoleh peluang tersebut. Yang kedua adalah kita harus mampu menganalisa keunggulan dan kelemahan pesaing kita dan sejauh mana kemampuan kita untuk bersaing dengan mereka baik dari sisi harga, pelayanan maupun kualitas. Yang ketiga adalah persiapkan mental dan keberanian memulai. Singkirkan hambatan psikologis rasa malu, takut gagal dan perang batin antara berkeinginan dan keraguan dan harus siap menghadapi resiko, dimana resiko bisnis adalah untung atau rugi. Semakin besar untungnya maka resikonya pun semakin besar. Yang terpenting adalah berani mencoba dan memulai. Lebih baik mencoba tetapi gagal daripada gagal mencoba.
B. Aspek Manajemen
Bisnis ini dimiliki bersama dengan sistem bagi modal. Bisnis ini dikelola secara bersama-sama dan tiap orang mempunyai tugas untuk selalu siap jika ada orang yang membutuhkan bantuan untuk memperbaiki komputernya.
C. Aspek Pemasaran
a. Target Usaha
Yang merupakan kunci penting untuk diperhatikan. Sudah menjadi kelaziman bahwa usaha service computer bekerja berdasarkan panggilan dari masyarakat yang membutuhkan bantuan untuk memperbaiki komputernya. Kegiatan usaha dimulai apabila panggilan telah diterima. Maka, tanpa adanya panggilan service, kegiatan service computer tidak bekerja. Yang bekerja selama usaha masih berjalan adalah pemasaran, keuangan dan administrasi. Target usaha adalah seluruh kalangan masyarakat yang ingin berefisien waktu dan tenaga. Pesaing kita dari perusahaan service computer lainnya.

b. Konsep Usaha
Konsep usaha dari perusahaan kami terdiri dari 3 elemen yaitu Price, Place, Promotion.
Price yang artinya kami akan memberikan harga yang murah dan terjangkau untuk setiap perbaikan yang kami berikan. Place yang artinya kami akan selalu siap untuk datang jika ada panggilan service dimanapun tempatnya. Promotion artinya selalu melakukan promosi untuk mendapatkan panggilan service yang lebih banyak.

c. Produk dan Penetapan Harga
Untuk menetapkan harga kita perlu melakukan riset dan membandingkannya dengan strategi harga pasar. Tidak jarang harga kita terlalu mahal karena sistem distribusi yang salah dan tidak efektif. Misalnya mencari suplier yang mampu mensuplai barang dengan harga yang benar-benar murah.

d. Distribusi dan Promosi
Usaha Service Computer adalah usaha kepercayaan yang diberikan masyarakat kepada kami untuk memperbaiki komputer mereka. Untuk memulai usaha ini , kami menyebarkan brosur kepada tempat-tempat yang sekiranya membutuhkan bantuan untuk memperbaiki komputernya. Akan lebih baik jika kita sudah menyediakan brosur dan kartu nama. Jika kita berhasil, kepercayaan kepada anda akan muncul dan akan tersebar dari mulut ke mulut. Terkadang ini lebih efektif dibandingkan kita menyebar brosur dan beriklan tanpa pernah kita menunjukkan kemampuan kita di depan customer. Di awal Anda membuka usaha, buatlah promosi. Salah satu caranya adalah dengan menawarkan harga miring untuk setiap perbaikan.


D. Aspek Operasional
Masalah-masalah teknis yang menyangkut seluk beluk pekerjaan perlu dipersiapkan rapi. Mulai dari menghitung kemampuan diri, keterampilan yang dimiliki yang menyangkut bidang pekerjaan itu. Misalnya untuk usaha service computer, paling tidak yang dibutuhkan adalah mengerti tentang computer dan jaringan.

E. Aspek Keuangan
Pada aspek keuangan ini, usaha kami mendapatkan modal dari perseorangan dari anggota. Dan untuk hasilnya akan dibagi secara rata kepada anggota


Lampiran 2
• Modal Usaha
 Uang Kas KC : Rp. 100.000 ,-
 Compact Disc Read-only : 16 Keping
 Windows XP
 Microsoft Office 2003
 Microsoft Office 2007
 All Software
 DVD R : 8 Keping
 Windows 7
 Linux Debian
• Daftar Harga Service Computer
 Install Windows XP @ Rp. 30.000,-
 Install Windows 7 @ Rp. 80.000,-
 Install Linux @ Rp. 120.000,-
 Install Microsoft Office @ Rp. 10.000,-
 Install Software @ Rp. 20.000,-
 Tune Up Komputer @ Rp. 15.000,-
 Scan Virus @ Rp. 20.000,-
 Repair Hardware @ Rp. 30.000,-

F. Penutup
Demikian proposal yang kami buat, semoga langkah ini dapat turut andil dalam mencerdaskan bangsa dan memberikan lapangan pekerjaan dan memajukan ekonomi Indonesia. Terimakasih


Semarang, Kamis, 4 November 2010


Hal : Permohonan Kerjasama
Lampiran : 1 (satu) Proposal



Kepada Yth.

Pimpinan Unit Produksi Komputer dan Jaringan
Di tempat



Dengan hormat ,


Kami adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang Teknologi Informasi khususnya dalam bidang Service Komputer. Kami berkeinginan untuk memperkenalkan usaha kami yaitu “KC Service Computer” kepada perusahaan Bapak / Ibu, dengan harapan akan menjalin kerjasama pada pengembangan Teknologi Informasi khususnya dalam bidang Service Komputer dengan perusahaan Bapak / Ibu.

Besar harapan kami untuk menjalin kerjasama dengan perusahaan Bapak / Ibu. Atas perhatian dan kerjasama yang baik kami ucapkan Terima Kasih.




Hormat Kami,
Sally Eko Arifufiqh

1 komentar: